We have made necessary updates to our Terms of Use and Privacy Policy. You can view the full details here: Terms of Service and Privacy Policy. The new terms and privacy policy go into effect on August 10th 2016, your continued use of myMoleskine confirms your agreement to these terms. If you have any questions please contact us at: privacy@moleskine.com. close
Skip to toolbar

Jenis – Jenis Ayam Bekisar dan Cara Merawatnya – Perkawinan silang yang di lakukan pada ayam bertujuan mendapatkan ras yang lebih unggul. Seperti ayam bekisar ini yang merupakan hasil dari perkawinan silang antara ayam hutan hijau jantan ( Gallus Varius ) dengan ayam kampung. Ayam bekisar ini termasuk juga dalam jenis ayam hias yang cukup memiliki ketenaran di Indonesia. Asal ayam bekisar asli ini dari Pulau Pangean, Kab. Sumenep, Jawa Timur. Ketenaran ayam bekisar menjadikan nya sebagai lambang atau maskot Provinsi Jawa Timur.
Saking Tenar nya ayam satu ini juga bisa di kembangbiakan di berbagai daerah di Indonesia. Para sobat pemain ayam bekisar ini tersebar di berbagai daerah seperti Jawa Timur, D.I Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Sumatera Barat. Sebgai bentuk dukungan untuk memajukan pariwisata derah tersebut. Pemkot Suerabaya sejak tahun 1989 ini mewajibkan ayam bekisar ini berada di halaman depan setiap kantor instansi pemerintah di daerah Surabaya.
Karena ketenaran nya itu maka di buatlah kontes untuk ayam bekisar ini. Terdapat juga kontes petarungan antar ayam bekisar dan kontes suara ayam bekisar. Kota Gede, Jogja menjadi tempat yang pertama kali membuat konstes pertarungan ayam bekisar di Indonesia. Terdapat beberapa jenis ayam bekisar yang mempunyai ciri ciri dan karakteristik yang berbeda pula. Tetapi hanya 3 jenis ayam bekisar yang cukup tenar di kalangan para sobat pemain ayam.
Ayam bekisar jantan lah yang bisa di ikutsertakan dalam kontes suara ayam di gelar. Karena secara fisik ayam bekisar betina tidak mempunyai kokok yang merdu dan bulu nya bewarna kuang menarik di kalangan para sobat pemain ayam. Kokok ayam bekisar ini dikenal sangat keras dan nyaring, dan bisa terdengar sampai sekitar 1 mil. Semakin indah suaranya, maka semakin tinggu juga harga yang di patok untuk ayam bekisar tersebut. Apalagi jika di tambah dengan bulu ayam bekisar yang indah serta postur ayam bekisar juga gagah dan kokoh.
Ciri – Ciri dan Karakteristik Ayam Bekisar
1. Umum nya mengalami kemandulan karena hasil persilangan.
2. Berukuruan lebih kecil dari ayam kampung jantan, tetapi lebih besar dari induk jantan.
3. Bulu leher ayam bekisar ini berbentuk bulan/lonjong pada ujung nya.
4. Mirip sekali secara fisik dengan ayam bekikuk, tetapi terkadang pial dan bulu lehernya berbeda.
5. Bobot tubuh rata-rata di bawah 2kg.
Jenis – Jenis Ayam Bekisar Asal Indonesia
1. Bekisar putih Yogya, mempunyai ciri bewarna putih di bagian paruh hingga telapak kaki. Tetapi jengger, cuping dan pialnya bewarna kemerahan.
2. Bekisar Kangean Madura, hanya memiliki satu warna pada bulunya ( tergantung induk betina ) seperti hitam, putih, abu-abu, dan juga merah.
3. Ayam Bekisar Multiwarna Solo, memiliki bulu yang bervariasi warna nya dan berukuran sedang. Ayam bekisar jenis ini juga mempunyai suara yang indah.
4. Jenis Ayam Bekisar Hitam Parakan, bewarna hitam, tinggi, besar, dan tegap. Ciri fisik tersebut di dapatkan dari kawin silang dengan ayam kedu hitam betina.
5. Jenis Ayam bekisar Merah Solok, merupakan hasil dari kawin silang dari ayam hutan merah jantan dan ayam betina Yungkilok.
Cara Merawat Ayam bekisar Yang Baik dan Benar
Ayam jenis apapun di wajibkan untuk memberikan perawatan yang baik dan benar untuk tetap menjaga kualitasnya. Terlebih lagi ayam aduan maupun ayam hias, yang wajib mempunyai stamina dan penampilan yang bagus. Terkadang cuaca yang buruk dan sering tidak menentu dapat membuat ayam stress dan juga menjadi tidak bertenaga. Oleh karena itu kami dari pemain ayam akan memberikan informasi lengkap tentang Jenis – Jenis Ayam Bekisar dan Cara Merawatnya.
Baca Juga : Mengenal CIri Khas Ayam Kate Asli Indonesia
1. Berikan lah ayam bekisar ini tambahan podeng yang tebuat dari campuran air kencur dan juga madu, lalu campurkan kepada pakan ayam setiap sore hari.
2. Berikan ulat hongkong secara rutin dan secukupnya, sebagai alternatif tambahan.
3. Jemur ayam bekisar ini selama beberapa menit untuk terus menjaga suhu tubuh sang ayam bekisar.
4. Berikan juga pisang kepok/tomat/jangkrik secara teratur dan juga secukupnya, agar meningkatkan kualitas dari suara indah ayam bekisar.
5. Tutup sangkar ayam bekisar ini dengan kerakap pada saat menjelang sore.
Demikian lah informasi yang dapat kami pemain ayam sampaikan untuk para sobat pemain ayam. Semoga dapat bermanfaat bagi para sobat untuk mengenal lebih dalam ayam bekisar ini. Terimakasih.

More posts from the same author...

Comments

@

Not recently active